LINGGA YONI DI SUKOHARJO




Tampak depan Rumah Arca

Halo readers~~ ini adalah blog pertamaku hehe ga ada yang tanya dan aku akan menceritakan pengalamanku saat berkunjung di Rumah Arca Sukoharjo, Kalau kalian ingin main gratis dan tambah wawasan mampir yuk ke sini letaknya di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Tepatnya di Jl. Letjend Sujono Humardani No.1. Gadingan, Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Dibuka untuk umum, hari kerjanya adalah sebagai berikut: 

Hari : Senin - Jumat
Pukul : 09.00 - 15.00


Lingga Yoni


Rumah Arca Sukoharjo didirikan pada tahun antara 1995/1996 oleh salah satu dosen sejarah di Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo yaitu Bapak Drs. Muhadi, M.Pd. Pembangunan dilakukan setelah banyaknya ditemukan BCB di wilayah Sukoharjo kebanyakan ditemukan di wilayah Gatak dan Sukoharjo Kota, mayoritas yang menemukannya yakni masyarakat sekitar wilayah Sukoharjo, mereka melakukan penggalian tanah dan secara tidak sengaja menemukan BCB karena kurangnya pengetahuan akhirnya di biarkan saja, mengetahui hal tersebut petugas langsung melakukan perlindungan dan perawatan. Alhamdulillah ya, terselamatkan!



Yoni

Rumah Arca ini menyimpan 96 (BCB) Benda Cagar Budaya, 45 BCB di letakkan di luar ruangan dan 51 BCB di dalam ruangan. Kebanyakan arca yang disimpan adalah Lingga dan Yoni.

Sebelum lanjut, aku akan terlebih dahulu menjelaskan apa sih itu Lingga dan Yoni?
Yoni adalah kata yang mempunyai arti bagian/tempat (kandungan) untuk melahirkan. Kata ini mempunyai banyak arti, di antaranya adalah sumber, asal, sarang, rumah, tempat duduk, kandang, tempat istirahat, tempat penampungan air, dan lain-lain.
Lingga adalah sebuah arca atau patung, yang merupakan sebuah objek pemujaan atau sembahyang umat Hindu.Kata lingga ini biasanya singkatan daripada Siwalingga dan merupakan sebuah objek tegak, tinggi yang melambangkan falus atau kemaluan Batara Siwa. Objek ini merupakan lambang kesuburan.



Keberadaan BCB ini sangat penting dan dilindungi oleh pengelola Rumah Arca Sukoharjo. Sebab BCB juga dipamerkan untuk masyarakat umum. “Kebanyakan yang datang untuk melihat dan belajar BCB merupakan anak sekolah.


kunjungan oleh siswa SMA 3 Sukoharjo

Keberadaan BCB di Rumah Arca Sukoharjo tidak sekedar pajangan saja, melainkan juga dilakukan pengamanan dan perawatan oleh petugas. Hal itu penting mengingat benda tersebut masuk kategori BCB yang dilindungi pemerintah. Semoga bermanfaat, sekian :)






Komentar